web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Cara Ternak Ayam Broiler untuk Para Pemula

Saturday, October 15th 2016. | cara ternak ayam broiler

Cara ternak ayam broiler untuk para pemula –  untuk para pemula cara dan tips ini memang perlu di perhatikan agar kelansungan bisnis ini berjalan dengan lancar sesuai yang di harapkan. Mengingat kebutuhan daging ayam yang sedang meningkat saat ini, menunjukan bahwa banyak peluang untuk usaha ternak ayam agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang meningkat, dan tentu saja ternak ayam ini bisa memberikan keuntungan yang banyak. Apakah anda sudah tertarik dengan usaha ini? kalau kalian tertari jangan takut untuk mencoba usaha ini, simak dan perhatikan tips dan cara ternak ayam broiler bagi pemula.

Sebelum terjun untuk memulai usaha ini, kalian terlebih dahulu harus memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang cara ternak ayam broiler pemula ini sudah harus kalian kuasai. Oleh karena itu saya akan memberikan tips dan cara untuk berternak ayam broiler atau ayam potong ini. pengetahuan dan pengalaman di butuhkan tujuannya agar kalian dapat menjalankan bisnis ini dengan mudah dan menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu, mulailah dengan mencari distributor untuk pemasukan ayam kalian jika sudah panen dari ternak.

5 cara ternak ayam broiler untuk para pemula agar menguntungkan

1.Pembuatan Kandang

Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum mmulai berternak adalah kandang untuk tempat tinggal ternak anda agar tidak kepanasan dan kehujanan. Pastikan anda mempersiapkan kandang terlebih dahulu sebelum anda memilih bibit ternaknya. Kandang yang baik adalah kandang yang di sesuaikan dengan kebutuhan ternak, seperti pencahayaan dan suhu udara yang baik. Untuk suhu kandang pastikan kalian terus memperhatikan suhu dan kehangatannya. Karena suhu kandang yang baik akan mempengaruhi ayam untuk bertahan hidup dengan baik.

Kandang yang memenuhi kebutuhan ternak adalah dengan memperhatikan lingkungannya, di usahakan meletakan atau membuat kandang di daerah yang jauh dari permukiman penduduk, terdapat sumber mata air yang baik, posisikan kandang menghadap dari timur ke barat agar cahaya matahari bisa masuk melalui ventilasi udara yang ada di kandang ayam, sinar matahari juga sangan penting untuk kebaikan ayam ini.

Kandang dibagi menjadi 2 tipe yaitu kandang panggung atau kandang litter (tanpa panggung). Untuk memudahkan kalian membersihkan kandang di sarankan untuk mebuat kandang dengan tipe panggung, agar kotoran ayam jatuh ke bawah kandang dan tidak mengotori lantai kandang, peternak juga akan lebih mudah untuk membersihkan kandang panggung ini.

 

 

2.Memilih Bibit yang Baik

Setelah kandang telah selesai di buat, tahap selanjutnya adalah memilih bibit yang baik untuk ternak dan usaha yang akan kalian mulai. Bibit ayam yang baik bisa dilihat secara fisiknya. Bibit yang sehat dan baik bisa di lihat dari keaktifan bergerak dan kelincahannya, tubuh yang gemuk atau bulat untuk jenis aya ini, belu bersih dan terlihat mengkilap, hidung dan dubur bersih, kotoran normal dan bersih, terakhir bisa dilihat dari matanya yang tajam.

3.Memberi Pakan Ayam

Pakan yang di berikan untuk ayam ini adalah pakan yang banyak mengandung nutrisi yang di butuhkan ayam, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan lemak. Nutrisi tersebut adalah asupan yang di butuhkan ayam agar dapat menambah berat badan dan membuat ayam lebih sehat.

4.Memberi Vaksinasi

Memberi vaksinasi untuk ayam adalah salah satu kebutuhan agar ayam terhindar dari penyakit. Apa itu vaksinasi? Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit yang di lemahkan ke tubuh ayam untuk membuat tubuh ayam kebal secara alami. Vaksin yang penting di berikan adalah vaksin ND atau tetelo. Biasanyavaksin di berikan saat ayam sudah memasuki usia 4 hari dengan cara meneteskan vaksi ke mata, vaksin yang di gunakan untuk meneteskan mata adalah vaksin ND strain B1 dan pada umur 21 hari berilah vaksin berupa ND Lasotta yang diberikan dengan cara melalui suntikan atau air minum. memberi vaksin ini juga salah satu cara ternak ayam broiler yang baik dan benar untuk para pemula.

5.Pemberian Antibiotik

Selain memberikan vaksinasi, anda juga bisa memberi antibiotik kepada ternak anda. Alasan pemberian antibiotik ini untuk memebuat sistem kekebalan tubuh ayam lebih kuat sehingga ayam tidak mudah terkena penyakit.

Untuk pemberian antibiotik dan vitamin ini baik di berikan saat umur ayam 5 sampai 10 hari. Pemberian antibiotik ini sangat mudah, hanya dengan mencampurkannya kepada air minum ayam tersebut.

Agar ayam tetap sehat kalian bisa memberikan ayam tersebut nutrisi yang lebih agar tetap terjaga kesehatannya.

Saya punya solusi untuk keluhan nutrisi, karena kita distributor vitamin dan nutrisi ternak disini saya menawarkan untuk para pemula yang ingin memulai bisnis, agar tidak rugi kalian harus memperhatikan nutrisi ternak anda, dengan memberi solagri 3 ini akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hewan yang anda ternak tentunya.

Solagri 3 merupakan produk yang mampu memberikan solusi untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas hasil perternakan”.

Produk kami juga sudah terbukti banyak memberikan manfaat bagi peternak yang telah menggunakannya. Untuk cara pemesanannya dan informasi lebih detail lg tentang produk ini kalian bisa klik link ini: Solagri 3

Demikian artikel tentang cara ternak ayam broiler untuk para pemula, selamat mencoba untuk kalian para pemula terimakasih.

tags: , , ,

Artikel lain Cara Ternak Ayam Broiler untuk Para Pemula