web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Cara Penggemukan Lembu Jenis Limosin dengan 5 Cara Alami

Thursday, December 29th 2016. | cara penggemukan lembu

Cara penggemukan lembu jenis limosin dengan 5 cara alami – di indonesia memang banyak macam-macam hewan ternak, karena susasana alamnya yang mendukung dan banyaknya lahan serta pakan yang baik ini alasan mengapa di negara indonesia banyak mengembangkan hewan ternak. Salah satu dari beberapa hewan ternak di indonesia adalah sapi, biasanya jenis sapi yang sering di ternak oleh peternak adalah sapi jenis limosin, karena cara penggemukan sapi ini dibilang cukup mudah dan tidak terlalu sulit.

Sapi jenis limosin ini memang banyak mendatngkan keuntungan bagi para pemiliknya. Hal yang yang menguntungkan dari sapi limosin ini diantaranya dapat di ambil susunya untuk minuman olahan, daging yang dapat di ambil untuk kebutuhan manusia, kemudian kulit sapi yang bisa dijadikan kerajinan tangan seperti tas kulit, dan sapi juga bisa di jadikan alat transportasi untuk membajak sawah atau untuk membantu menarik gerobak.

Sapi jenis limosin ini juga produksinya masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Memang banyak peternak yang mngembangbiakan sapi jenis limosin ini, namun tidak semua orang berhasil dalam proses penggemukan sapi limosin ini. Hal ini juga dikarenakan karena banyak dari mereka yang tidak mengetahui informasi dan kurang pengalaman untuk melakukan proses penggemukan yang efektif. Kebanyakan dari mereka yang gagal dari proses ini karena mereka hanyak fokus untuk pemberikan pakannya saja. Sehingga faktor yang penting lainnya mereka abaikan dalam proses penggemukan ini.

Lalu, bagaimana cara penggemukan sapi limosin ini?

5 cara penggemukan lembu jenis limosin dengan cara alami

  1. Menenukan waktu pakan untuk ternak

Memberikan pakan memang hal yang untama yang perlu di perhatikan oleh para peternak, karena hal ini mempengaruhi cara penggemukan sapi potong ini. Untuk memastikan sapi tumbuh dengan sempurna di dalam proses penggemukan ini dipelukan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya, kandungan gizi yang di perlukan adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Pakan ini juga harus dalam keadaan yang baik untuk ternak.

Untuk memperhatikan pakan yang baik maka peternak harus mencari pakan di waktu yang tepat agar makanan sapi terbebas dari telur cacing atau bibit penyakit lainnya. Waktu yang tepat untuk mencari pakan sapi ialah pada siang atau sore hari. Karena pada waktu tersebut biasanya sudah tidak terdapat telur cacing yang ditetaskan oleh induk cacing di pagi hari.

Sapi limosin ini tidak bisa diberikan pakan yang asal-asalan, jika kalian akan memulai proses penggemukan ini maka perhatikanlah jumlah dan waktu untuk memberi pakan kepada ternak sapi ini. Agar pertumbuhan sapi ini menjadi sempurna makan kalian harus  memberi pakan secara teratur, pemberian pakan diberikan 3x sehari pada pukul 8 pagi, 12 siang dan 5sore.

  1. Memberikan pakan hijau

Pakan hijau adalah salah satu makanan pokok yang di konsumsi sapi terutama pada proses penggemukan. Pakan hijau yang dapat diberikan untuk sapi limosin adalah rumput, siratro,lamtoro, gamal, centro, jerami dan yang lainnya. Pakan ini memang di jadikan makanan utama untuk sapi limosin yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Gizi yang berkualitas juga harus di perhatikan, usahakan memberikan pakan yang baru agar tidak banyak nutrisi yang hilang dan ternak pun mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup. Untuk menggemukan sapi ini juga kalian bisa memberikan rumput gajah atau makanan lain seperti bongkol pisang. Ini juga salah satu pakan yang baik untuk proses penggemukan sapi sapi. Dengan memperhatikan pakannya setelah sapi berumur 3 tahun, sapi limosin ini sudah bisa untuk di konsumsi dagingnya.

  1. Memberi pakan konsentrat (olahan)

Mengandalkan pakan hijau saja memang masih kurang optimal untuk proses penggemukan ini, karena jika hanya memberikan pakan hijau saja maka waktu yang di butuhkan untuk proses penggemukan ini akan relatif menjadi lebih lama. Jika kalian menseling pakan sapi kalian dengan pakan konsetrat ini makan akan mempercepat percepat pertumbuhan sapi. Cara penggemukan lembu juga dengan cara mengkombinasikan pakan hijau dan pakan konsentrat, bahan yang terkandung dalam pakan konsentrat ini antara lain ampas tahu, ampas tebu, bekatul, dedak, kulit biji kedelai, dan masih banyak lagi.

  1. Pembuatan kandang yang baik

Kandang yang baik untuk sapi dilihat dari ukurannya, ukuran kandang yang di perlukan oleh 1 ekosr sapi kira-kira sebesar 2,5 x 1,5 meter. Satu kandang memang membutuhkan dan akan mengeluarkan biaya yang banyak, tapi baik untuk pertumbuhan sapi agar lebih cepat.

  1. Melakukan dan memberikan vaksinasi

Untuk mencegah penykit, usahakan ternak melakukan vaksinasi secara teratur. Vaksinasi ini biasanya dapat dilakukan oleh mantri hewan yang berada di sekitar daerah kalian. Kegunaan melakukan vaksin untuk sapi limosin agar sapi bebas dari potensi terena virus dan penyakit. Lebih baik lakukan vaksin sejak awal kepada bakalan sapi limosin tersebut.

Untuk menjaga kesehatan ternak juga kalian bisa menambahkan nutrisi yang baik untuk ternak kalian.

Saya punya solusi untuk keluhan nutrisi, karena kita distributor vitamin dan nutrisi ternak disini saya menawarkan untuk para pemula yang ingin memulai bisnis, agar tidak rugi kalian harus memperhatikan nutrisi ternak anda, dengan memberi solagri 3 ini akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hewan yang anda ternak tentunya.

Solagri 3 merupakan produk yang mampu memberikan solusi untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas hasil perternakan”.

Produk kami juga sudah terbukti banyak memberikan manfaat bagi peternak yang telah menggunakannya. Untuk cara pemesanannya dan informasi lebih detail lg tentang produk ini kalian bisa klik link ini: Solagri 3

Itulah Cara penggemukan lembu jenis limosin dengan 5 cara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

tags: , , ,

Artikel lain Cara Penggemukan Lembu Jenis Limosin dengan 5 Cara Alami