web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Pentingnya Vitamin Ternak untuk Tumbuh Kembang Ternak

Thursday, August 20th 2015. | Artikel Peternakan

Ada berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan ternak untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal, termasuk diantaranya adalah berbagai jenis vitamin serta mineral. Kebutuhan vitamin ternak untuk membantu dalam tumbuh kembang hewan ternak memang tidak terlalu banyak, namun manfaat yang diberikan sangatlah besar dan kekurangan vitamin-vitamin tersebut bisa berdampak cukup fatal.

Setiap jenis vitamin memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi hewan ternak. Secara umum, pemenuhan vitamin bagi hewan ternak akan membantu dalam proses optimalisasi pertumbuhan hewan dan bisa juga bermanfaat untuk hal-hal yang lebih spesifik seperti membantu dalam proses penggemukan atau membantu agar kondisi bulu hewan seperti pada domba menjadi lebih baik lagi.

Jenis dan Manfaat Vitamin Ternak

Berikut ini adalah berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh hewan ternak serta manfaat yang diberikannya bagi tumbuh kembang hewan itu sendiri:

  • Vitamin A, berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh hewan, berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh dan juga menjaga kesehatan kulit atau bulu hewan ternak.

Bila hewan ternak mengalami kekurangan vitamin ini, maka bisa terjadi gangguan kesehatan seperti menurunnya sistem kekebalan tubuh, gangguan pada fungsi penglihatan hewan ternak serta pertumbuhan kulit dan bulu yang tidak sehat

  • Vitamin B kompleks, berperan dalam mendukung pertumbuhan kulit serta bulu yang sehat, membantu dalam proses metabolisme tubuh serta mendukung kerja sistem saraf
  • Vitamin D, berfungsi untuk pertumbuhan tulang serta gigi yang kuat, dimana bila terjadi kekurangan vitamin D, maka tulang dan gigi hewan akan cenderung lebih mudah rusak
  • Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang memiliki fungsi untuk mencegah kerusakan sel dan juga baik bagi kesehatan sel darah merah. Kekurangan vitamin ini bisa berdampak buruk pada sistem reproduksi sapi serta bisa memungkinkan terjadi gangguan pada sistem saraf dan otot hewan

Kualitas nutrisi serta pakan yang dikonsumsi menjadi kunci utama penyedia vitamin-vitamin tersebut dalam upaya memenuhi kebutuhan nutrisi ternak dan membantu proses pencegahan berbagai gangguan kesehatan tersebut.

Jenis pakan yang diberikan haruslah menjadi perhatian utama. Jenis pakan yang akan diberikan harus disesuaikan dengan jenis ternak yang dipelihara misalnya saja rumput hijau untuk hewan ternak sapi dan biji-bijian untuk hewan ternak ayam. Pemberian jenis pakan yang tepat akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hewan ternak yang memang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Penambahan konsentrat makanan juga sah-sah saja untuk memberikan manfaat yang lebih baik pada setiap hewan ternak. Bila memang dibutuhkan, maka pemberian injeksi vitamin atau suplemen makanan akan sangat membantu mencegah terjadinya defisiensi vitamin pada hewan ternak yang ada.

Namun, ada cara lain yang bisa ditempuh yaitu dengan memaksimalkan proses penyerapan makanan dan nutrisi dari pakan yang diberikan. Pada umumnya, pakan yang diberikan telah mengandung semua jenis nutrisi yang dibutuhkan hewan ternak, namun sayangnya nutrisi tersebut tidak dapat dicerna dan diserap dengan baik karena berbagai alasan tertentu.

Vitamin Ternak

Untuk mengatasi hal tersebut bisa diberikan enzim pembantu seperti enzim yang ada didalam Solagri 3. Produk ini mengandung beberapa jenis enzim aktif yang akan membantu sistem pencernaan hewan bekerja dengan lebih baik dan maksimal dalam menyerap setiap jenis nutrisi termasuk vitamin ternak yang ada di dalam pakan yang dikonsumsi oleh hewan tersebut. Dengan begini, asupan nutrisi dan juga vitamin akan tercukupi hanya dari pangan yang ada, tanpa perlu memberikan suntikan vitamin lagi.

tags: ,

Artikel lain Pentingnya Vitamin Ternak untuk Tumbuh Kembang Ternak