web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Penggunaan Vitamin Ternak untuk Penggemukan Sapi

Wednesday, August 19th 2015. | Artikel Peternakan

Untuk membantu proses pertumbuhan sapi, pemberian pakan dengan kadar nutrisi yang tepat sangatlah dibutuhkan, terlebih lagi bila sapi tersebut akan digemukkan sebagai sapi potong. Saat ini, pemberian pakan semata tidaklah cukup dan dianjurkan juga untuk memberikan tambahan berupa vitamin ternak untuk penggemukan sapi.

Hewan ternak sapi seperti halnya manusia juga membutuhkan berbagai jenis vitamin untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang mereka. Bila asupan vitamin yang masuk tergolong kurang, maka hewan ternak akan cenderung rentan terkena penyakit dan hal ini tentu saja akan mempengaruhi proses pertumbuhan dan upaya penggemukan ternak sapi tersebut.

Vitamin Ternak untuk Penggemukan Sapi

Jenis Vitamin Ternak untuk Penggemukan Sapi

Jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ternak itu sendiri juga tidak jauh berbeda dengan vitamin yang dibutuhkan oleh makhluk hidup lain seperti vitamin A, vitamin D dan vitamin E. Masing-masing jenis vitamin memiliki fungsi dan manfaat tersendiri seperti vitamin A yang penting dalam menjaga kesehatan mata serta membantu proses pertumbuhan sel, dan vitamin D untuk memperkuat tulang hewan ternak sapi itu sendiri.

Defisiensi atau kekurangan vitamin tersebut dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan misalnya saja infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh kurangnya vitamin A atau penyakit seperti white muscle disease yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin E. Tentu saja hal ini sangat tidak diinginkan oleh para peternak, karena hewan yang mengalami gangguan kesehatan tentunya juga memiliki gangguan dalam pola makan yang akan menyebabkan mereka kesulitan untuk menaikkan berat badan.

Solusi dan pencegahan dari kekurangan vitamin ini adalah dengan memberikan vitamin tambahan yang umumnya diberikan dalam bentuk injeksi atau suntikan. Vitamin injeksi ini bisa berupa injeksi vitamin B kompleks atau injeksi vitamin AD3E, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ternak sapi yang ada. Selain itu, perlu juga diperhatikan pemberian pakan dan ransum. Perlu dipastikan bahwa jumlah dan kualitas pakan serta ransum yang diberikan benar-benar cukup dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi ternak.

Pakan serta ransum yang diberikan merupakan sumber utama dari nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan ternak sapi. Bila jumlah yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan nutrisi ternak sapi, maka bisa dipastikan bahwa ternak sapi akan tumbuh sehat dan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Namun, sering terjadi kendala dimana walaupun pemberian pakan serta ransum telah sesuai dengan kebutuhan ternak, namun kondisi berat badan sapi masih tetap sulit untuk bisa naik. Hal ini merupakan sebuah pertanda adanya hal yang perlu diwaspadai dan pemberian vitamin tambahan bisa menjadi solusi.

Selain pemberian tambahan vitamin dalam bentuk injeksi ataupun vitamin yang dicampurkan di dalam makanan, upaya lain yang bisa ditempuh para peternak adalah dengan berupaya memastikan bahwa nutrisi yang ada dalam pakan yang mereka berikan dapat diserap dengan maksimal. Kurang maksimalnya penyerapan nutrisi sering menjadi salah satu penyebab sulitnya menaikkan berat badan ternak sapi.

Untuk bisa memastikan bahwa semua nutrisi dan juga vitamin yang ada dalam pakan bisa diserap dengan maksimal, para peternak bisa memberikan tambahan berupa produk enzim Solagri 3. Produk enzim ini bekerja secara efektif untuk meningkatkan nafsu makan hewan ternak sapi dan juga membantu dalam penyerapan nutrisi makanan menjadi lebih optimal. Produk Solagri 3 adalah alternatif untuk pemberian vitamin ternak untuk penggemukan sapi yang telah terbukti keberhasilan dan keefektifannya di banyak tempat di tanah air.

Pesan Solagri 3 Sekarang

tags: , ,

Artikel lain Penggunaan Vitamin Ternak untuk Penggemukan Sapi