web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Nutrisi Ternak Kambing untuk Upaya Penggemukan

Friday, August 14th 2015. | Artikel Peternakan

Kambing merupakan hewan ternak yang dimanfaatkan untuk berbagai tujuan mulai dari untuk diambil susunya dan yang paling populer adalah untuk diambil daging serta kulitnya. Kambing ternak yang dipelihara untuk diambil dagingnya tentunya harus mendapatkan nutrisi ternak kambing yang tepat agar kambing tersebut bisa memiliki bobot yang memadai.

Upaya penggemukan memang merupakan upaya yang palingumum dilakukan walaupun bisa dikatakan upaya yang dilakukan masih belum teratur. Para peternak kambing menggunakan berbagai metode yang berbeda dalam upaya untuk menggemukan kambing mereka misalnya diberi makanan penguat, diberi pakan hijau sebanyak mungkin atau dibiarkan merumput di padang hijau. Semua metode tersebut bisa memberikan hasil yang maksimal, dengan syarat bahwa nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak kambing telah benar-benar terpenuhi.

Teknologi Penggemukan dalam Pemberian Nutrisi Ternak Kambing

Ada beberapa metode yang bisa dibilang sudah terbukti secara ilmiah, yang mampu memberikan hasil yang maksimal dalam upaya penggemukan ternak kambing. Metode yang bisa dipilih berupa:

  • Metode penggemukan dry lot

Metode penggemukan ini menggunakan berbagai jenis makanan penguat yang terbuat dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Jenis makanan penguat seperti ini tergolong masih cukup mahal di tanah air, namun hasil yang didapatkan memang tidak akan mengecewakan

  • Metode penggemukan pasture

Metode penggemukan ini dilakukan dengan cara menggembalakan kambing ternak di lapangan rumput yang memiliki kualitas tanaman yang baik dan cukup beragam. Metode ini sebenarnya cukup praktis namun hanya bisa dilakukan di daerah-daerah tertentu yang memiliki lapangan rumput yang luas

  • Kombinasi pasture dan dry lot

Untuk area peternakan yang terbatas dan dengan dana yang terbatas pula, maka metode penggemukan seperti ini tergolong cukup efektif. Ternak kambing bisa dilepaskan di lapangan rumput kecil secara berkala. Selain itu, ternak kambing juga bisa diberikan makanan penguat secara berkala pula. Proses penggemukan dengan metode ini biasanya memakan waktu sekitar 6 hingga 9 bulan

Nutrisi Ternak Kambing

Metode-metode tersebut bisa menjadi pilihan dalam proses penggemukan kambing yang memang dipelihara untuk diambil dagingnya. Terlepas dari jenis atau metode penggemukan yang dipilih, kualitas dan kuantitas nutrisi yang masuk dan diserap oleh tubuh hewan ternak tetap merupakan hal yang utama. Bila nutrisi yang masuk merupakan nutrisi yang baik dan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, maka proses penggemukan akan berjalan dengan lebih baik.

Sayangnya, nutrisi yang masuk melalui pakan yang dikonsumsi oleh hewan ternak tidak akan diserap seluruhnya. Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi proses penyerapan nutrisi tersebut. Dalam hal ini, perlu diberikan nutrisi tambahan seperti produk Solagri 3. Kandungan enzim-enzim aktif dan juga zat lain yang telah teruji di dalam produk ini akan membantu proses penyerapan nutrisi dari pakan menjadi lebih optimal.

Dengan jumlah pakan yang sama, persentase nutrisi yang masuk akan semakin bertambah dan hal ini akan membuat berat badan kambing ternak menjadi naik. Selain membantu dalam proses penyerapan nutrisi dan penaikan bobot hewan ternak, ada berbagai manfaat lain yang juga bisa dinikmati oleh para peternak kambing yang menggunakan Solagri 3.

Manfaat-manfaat tersebut berupa biaya produksi yang berkurang karena tidak perlu menggunakan makanan tambahan sebanyak biasanya, mengurangi jumlah kotoran, mengurangi bau kotoran ternak dan juga bisa membantu mempercepat masa panen. Dengan pemberian Solagri 3 sebagai nutrisi ternak kambing, maka ternak kambing yang gemuk dan sehat akan lebih mudah untuk didapatkan dan pastinya hal ini akan jauh lebih menguntungkan secara ekonomis.

Pesan Solagri 3 Sekarang

tags: , , ,

Artikel lain Nutrisi Ternak Kambing untuk Upaya Penggemukan