web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Memilih Nutrisi Ternak untuk Penggemukan Sapi

Wednesday, August 19th 2015. | Artikel Peternakan

Setiap peternak sapi potong pastinya mengharapkan sapi mereka untuk tumbuh dengan sehat dan juga memiliki bobot yang pas, sehingga hasil yang bisa didapatkan nanti akan lebih maksimal. Untuk bisa mendapatkan bobot yang maksimal, maka berbagai upaya penggemukan bisa ditempuh salah satunya adalah dengan memberikan nutrisi ternak untuk penggemukan sapi.

Nutrisi Ternak untuk Penggemukan Sapi

Sapi yang dapat digemukkan sebagai sapi potong berasal dari berbagai jenis sapi seperti sapi madura, sapi ongole dan sapi Bali. Sapi-sapi tersebut bisa digemukkan dengan cara memberikan nutrisi atau pakan yang tepat, dan salah satu metode yang paling umum dipergunakan adalah dengan memberikan konsentrat makanan.

Konsentrat Makanan sebagai Sumber Nutrisi Ternak untuk Penggemukan Sapi

Penggunaan konsentrat sebagai salah satu jenis pakan merupakan metode yang paling umum dipergunakan oleh para peternak sapi yang ingin menggemukkan sapi mereka. Konsentrat makanan yang diberikan disini pada umumnya memiliki kadar protein dan karbohidrat yang tinggi dengan kadar serat kasar yang rendah.

Proses pembuatan konsentrat itu sendiri tergolong mudah dan dapat dengan mudah dipraktekkan oleh setiap peternak sapi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat konsentrat adalah:

  • Bungkil kelapa atau bungkil kedelai atau bungkil kacang tanah dengan konsentrasi sebanyak 10 hingga 15%
  • Bekatul atau dedak dengan komposisi terbanyak mencapai 70%
  • Jagung giling dengan komposisi sekitar 8 hingga 10%
  • Tepung tulang sebagai sumber kalsium dengan komposisi sekitar 2 hingga 5%
  • Garam dapur sebagai sumber mineral sebanyak 2%
  • Berbagai bahan tambahan lain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi makro dan mikro dalam persentase yang seimbang

Semua bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu dan siap diberikan pada ternak sapi yang hendak digemukkan. Sebagai konsentrat, jumlah yang diberikan harus jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan pakan pokok sapi berupa rumput dan daun hijau. Perbandingan antara konsentrat dengan pakan pokok adalah berkisar 70% : 30%. Pemberian konsentrat akan jauh lebih bermanfaat dan lebih maksimal bila diberikan di pagi hari sebelum ternak sapi diberikan pakan pokok mereka. Dengan cara seperti ini, kandungan nutrisi yang ada di dalam konsentrat akan lebih mudah dicerna dan hasilnya adalah bobot sapi yang akan naik.

Selain pemberian jenis makanan khusus seperti konsentrat seperti yang telah dicontohkan diatas, para peternak juga bisa mencoba cara tambahan lain seperti memberikan nutrisi khusus pada hewan ternak sapi mereka. Nutrisi tambahan ini bisa membantu dalam menaikkan bobot badan hewan peliharaan dengan cara yang baik tanpa perlu menambah jumlah pakan yang harus dikonsumsi.

Salah satu nutrisi yang bisa diberikan adalah Solagri 3. Solagri 3 merupakan produk enzim yang bisa diberikan dengan cara dicampurkan dengan bahan makanan atau minuman sapi ternak. Kandungan utama dalam produk ini adalah berbagai jenis enzim yang bisa berperan aktif dalam proses pencernaan sapi. Salah satu manfaat dari enzim yang ada dalam Solagri 3 adalah membantu proses penyerapan nutrisi dalam pakan ternak sapi menjadi lebih tinggi.

Nutrisi yang ada di dalam pakan tidak akan diserap seluruhnya di dalam tubuh sapi. Oleh karena itu, diperlukan bantuan tambahan yang bisa diberikan oleh produk Solagri 3.

Dengan pemberian Solagri 3 sebagai salah satu alternatif nutrisi ternak untuk penggemukan sapi, nutrisi yang ada akan bisa diserap dengan lebih baik lagi, yang berarti nutrisi yang masuk akan jauh lebih banyak yang akan membantu bobot atau berat badan sapi naik sesuai dengan yang diharapkan.

Pesan Solagri 3 Sekarang

tags: ,

Artikel lain Memilih Nutrisi Ternak untuk Penggemukan Sapi