web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Kebutuhan Obat Hewan untuk Meningkatkan Kesehatan Hewan Ternak

Tuesday, August 25th 2015. | Artikel Peternakan

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan perawatan kesehatan, namun beberapa hewan juga memiliki kebutuhan yang sama ketika mereka menunjukkan tanda-tanda tak baik pada kesehatannya. Obat hewan sangat disarankan secara rutin diberikan untuk mereka yang memiliki hewan ternak dan hewan ternak mereka menunjukkan gejala kesehatan yang tak baik dan dalam kondisi yang tak baik juga. Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki hewan ternak, seperti sapi, kambing, unggas dan jenis hewan yang lainnya.

Obat Hewan

Obat Hewan Baik untuk Luka Dalam dan Luar

Hewan pun memiliki masalah kesehatan baik di luar tubuh maupun di dalam tubuh. Hewan memiliki masalah pada bagian internalnya ketika mereka kekurangan nutrisi untuk hewan. Hewan sendiri membutuhkan nutrisi yang juga dijadikan sebagai sumber energinya, seperti karbohidrat, mineral, lemak, vitamin dan lain-lain yang memang penting untuk diperhatikan kepada hewan. Jika hewan mengalami penyakit atau gangguan kesehatan di bagian organ internalnya, maka ini akan sangat sulit dikenali ciri-cirinya bagi para peternak. Biasanya gangguan ini berupa terganggunya organ pencernaan karena bakteri patogen yang biasanya ada di usus hewan ternak. Belum lagi masalah reproduksi yang juga akan terganggu, baik untuk organ reproduksi jantan dan juga betinanya. Tentu kondisi ini akan sangat merugikan Anda sebagai peternak. Untuk penyakit ini obatnya pun merupakan obat khusus yang biasanya diinjeksikan ke dalam tubuh hewan ternak itu sendiri atau juga dilarutkan dalam air atau makanannya, sehingga konsumsi obat tersebut akan terasa lebih maksimal.

Berbeda halnya ketika hewan ternak Anda mengalami luka luar yang lebih terlihat oleh kasat mata. Obat hewan untuk luka luar biasanya berbentuk obat semprot. Formulasi obat semprot ini juga merupakan formulasi yang unik untuk mempercepat proses penyembuhan. Biasanya, luka luar ini akan sering dirubuh oleh lalat. Jenis lalat yang biasanya merubung luka luar dari hewan ternak ini adalah biasanya lalat rumah atau (Musca) yang memiliki makanan pokok berupa darah, dan biasanya membawa bakteri yang tak jarang mematikan dan menyebabkan infeksi yang lebih parah pada luka hewan ternak Anda. ini tentunya akan memperlambat proses penyembuhan dari luka pada hewan ternak Anda. Jenis lalat yang sangat mengganggu proses penyembuhan luka dan patut diwaspadai adalah jenis Chrysomia Screw-Worm, yang banyak ditemui di kawasan Asia termasuk di Indonesia sendiri. Jenis lalat ini akan meletakkan telurnya pada luka dalam tubuh hewan ternak Anda. Telur tersebut yang nantinya akan menetas akan menjadi ulat dan menyebabkan kerusakan pada tubuh hewan Anda.

Ini tak lain adalah karena ulat yang dibawa oleh lalat ini akan memakan daging dan merusak kulit dari hewan ternak Anda. Penyebab luka lain yang tak boleh dianggap remeh pada hewan ternak adalah caplak, serangga penggigit, atau perbuatan manusia sendiri baik yang disengaja maupun tidak disengaja, seperti pemberian cap atau label, pemotongan tanduk, kawin suntik dan lain sebagainya jika dilakukan tak teliti maka akan menimbulkan luka yang merugikan. Namun tetap, salah satu yang patut diwaspadai adalah kekurangan nutrisi pada hewan. Kekurangan nutrisi ini akan menyebabkan kerusakan organ internal dan ciri-cirinya pun tak bisa dilihat secara kasa mata. Ada baiknya Anda sering memberikan nutrisi pada hewan ternak Anda, selain dapat menjamin kesehatan, menambah bobot tubuh hewan ternak juga akan mempercepat penyembuhan luka luar yang biasanya terjadi pada hewan ternak baik disengaja maupun tak disengaja. Salah satu produk nutrisi yang bisa Anda berikan kepada hewan Anda adalah produk dari Solagri 3 yang akan menjaga seimbang nutrisi dari hewan ternak Anda. Dengan produk ini, hewan ternak Anda akan terlihat lebih sehat dengan bertambahnya berat badan dan juga kesehatan yang terjaga. Sehingga Anda tidak perlu memberikan obat hewan karena dengan nutrisi yang tercukupi, hewan Anda tidak akan mudah sakit.

tags: ,

Artikel lain Kebutuhan Obat Hewan untuk Meningkatkan Kesehatan Hewan Ternak