web analytics
Kantor : 022 87792388
0812 1464 4164
D3402127

Cara Pemberian Pakan untuk Optimalisasi Nutrisi Ternak Ayam

Friday, August 14th 2015. | Artikel Peternakan

Ternak ayam merupakan salah satu jenis ternak yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Jenis ternak ayam yang dipelihara juga sangat beragam mulai dari ayam petelur, ayam pedaging atau ayam jenis lainnya. Dalam pemeliharaan ternak ayam, pemberian nutrisi ternak ayam yang tepat akan menjamin hasil yang didapatkan juga maksimal.

Pemberian pakan akan mempengaruhi apakah ternak ayam telah terpenuhi kebutuhan nutrisinya ataukah tidak. Selama proses produksi atau proses pemeliharaan ayam, kebutuhan untuk pakan memakan biaya yang paling besar sekitar 70%. Hal ini sebanding dengan pentingnya pakan untuk pertumbuhan ayam yang sehat dan produktif. Dalam pemberian pakan untuk ternak ayam, selain jenis pakan, perlu juga diperhatikan metode pemberian makan agar ayam ternak mau makan dengan lahap.

Nutrisi Ternak Ayam

Nutrisi Ternak Ayam Terbaik dari Pemberian Pakan Terbaik

Saat jenis pakan yang akan diberikan telah dipilih, maka saatnya untuk memberikan pakan tersebut kepada ayam ternak. Ada beberapa metode pemberian pakan yang bisa dipilih oleh peternak ayam yaitu:

  • Metode prasmanan

Metode pemberian pakan ini dilakukan dengan cara memberikan beberapa jenis pakan dalam wadah yang berbeda. Pakan-pakan tersebut kemudian diberikan kepada ayam dan dilihat jenis pakan mana yang paling disukai ayam dan pakan mana yang sekiranya memberikan hasil yang lebih optimal. Metode pemberian makan seperti ini lebih baik bila dilakukan pada awal pemeliharaan dan juga oleh mereka yang masih baru dalam dunia peternakan ayam.

  • Metode All Mash

Metode yang satu ini merupakan metode paling umum dan paling banyak dipergunakan oleh peternak ayam di Indonesia. Pemberian pakan dilakukan dengan memberikan pakan kedalam wadah bercampur ransum untuk memastikan agar ternak ayam mendapatkan nutrisi yang cukup

Selain kedua metode tersebut, ada juga metode lain yang menggabungkan keduanya yaitu metode mash grain. Pada dasarnya metode ini bertujuan untuk memacu kualitas dan kuantitas produksi ayam ternak yang ada.

Jenis pakan yang diberikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari biji-bijian, daun ataupun makanan yang mengandung unsur hewani. Bila mempergunakan campuran ransum, perlu diperhatikan jenis ransum yang dipilih apakah jenis ransum basah ataukah kering, dalam bentuk pelet atau bentuk butiran. Pemberian pakan yang dilakukan dengan tepat dan teratur setiap harinya merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan produksi ternak ayam baik dalam bentuk daging ataupun telur.

Terlepas dari jenis pakan, metode pemberian pakan serta jenis ransum yang dipilih, ada kalanya ayam ternak membutuhkan makanan penguat atau suplemen ataupun jenis tambahan lain yang bisa meningkatkan produksi ternak. Dalam banyak kasus, sering dijumpai ternak ayam yang telah diberikan pakan yang cukup namun tetap mengalami masalah dalam hal kesehatan atau dalam hal produksi yang diberikan. Dalam hal ini, pemberian jenis suplemen atau tambahan nutrisi tertentu akan sangat bermanfaat bagi ternak ayam tersebut.

Jenis nutrisi yang diberikan haruslah jenis nutrisi unggul seperti produk enzim Solagri 3. Produk enzim yang terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti vitamin, asam amino, probiotik alami dan 7 jenis enzim bemutu tinggi akan mampu memberikan berbagai manfaat bagi hewan ternak. Beberapa manfaat diantaranya adalah meningkatkan nafsu makan, meningkatkan pertambahan bobot, serta menurunkan tingkat kematian ternak. Produk ini cukup dicampurkan ke dalam pakan atau dalam minuman ternak sebelum diberikan kepada ternak ayam yang ada, dan dengan pemberian yang teratur, para peternak akan bisa merasakan manfaat yang diberikan oleh produk nutrisi ternak ayam ini.

Pesan Solagri 3 Sekarang

tags: , ,

Artikel lain Cara Pemberian Pakan untuk Optimalisasi Nutrisi Ternak Ayam